BAB
II
Landasan
Teori
Adapun teknik
pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah kuisioner dan kajian pustaka.
Kuisioner disebarkan kepada koresponden secara random atau acak sebanyak 10
jiwa, yang merupakan Mahasiswa Universitas Paramadina (terlampir).
Tabel dibawah ini akan memperlihatkan
intensitas responden menonton program-progam Metro TV,
Tabel
I
Intensitas
menonton Metro TV
Intensitas
Menonton Metro TV
|
Total
Jawaban responden
|
Sering
|
1 Responden
|
Jarang
Tidak
Pernah
|
9 Responden
0
|
Dari tabel diatas dapat 90%
responden termakasud dalam katagori jarang dalam menonton program-program acara
di Metro TV. Hanya 10 persen yang sering menonton Metro TV. Dan tidak ada
responden yang tidak pernah menonton Metro TV.
Metro TV
merupakan salah satu media dibawah naungan Media Group selain TV media
Convergence/Divergensi[1] nya
adalah situs berita metrotvnews.com. Berikut adalah data tentang intensitas
responden dalam mengakses situs metrotvnews.com,
Tabel
II
Intensitas
Mengakses Metrotvnews.com
Intensitas
Mengakses Metrotvnews.com
|
Total
Jawaban responden
|
Sering
|
1 Responden
|
Jarang
Tidak
Pernah
|
5 Responden
4 Responden
|
Terlihat
bahwa setengah(50%) responden jarang mengakses situs berita metrotvnews.com,
40% tidak pernah sama sekali menonton
situs berita metrotvnews.com, hanya 10 %
persen yang mengakses metrotvnews.com dalam intensitas yang tinggi.
Selanjutnya penulis ingin melihat
intensitas para responden melihat logo Partai Nasdem diberbagai media,
Tabel III
Intensitas melihat logo partai
Nasdem di berbagai media
Intensitas melihat logo partai Nasdem di Media
|
Total Jawaban responden
|
Sering
|
6 Responden
|
Jarang
Tidak Pernah
|
3 Responden
1 Responden
|
Dari
tabel dapat diperhatikan bahwa lebih dari setengah (60%) responden sering
melihat logo Partai Nasdem diberbagai media yang ada di Indonesia, baik
Televisi, baliho, media cetak, dalam media-media lain. 30% respon jarang
melihat logo Partai Nasdem di media massa, sedangkan yang tidak pernah melihat
Logo Partai Nasdem di media ada 10% dari responden. Secara kasar dapat dilihat
bahwa logo Partai Nasdem sudah familiar bagi sebagian besar responden karena
mereka sering melihatnya diberbagai media yang ada.
Berikut penulis
ingin memperlihatkan pengetahuan/daya ingat responden terhadap unsur warna pada
logo Metro TV,
Tabel IV
Mengetahui warna logo Metro TV
memiliki unsur biru
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur
biru
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
9 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak Setuju
|
1 Responden
0
|
Hampir seluruh responden(90%)
mengetahui bahwa dalam logo Metro TV terdapat unsur warna biru. Tidak ada
diantara mereka yang tidak tahu fakta ini, meskipun demikian terdapat 10% dari
responden yang masih ragu-ragu tentang unsur warna biru dalam logo Metro TV. Selain
data diatas terdapat pula data tentang daya ingat responden terhadap logo Metro
TV yaitu sebagai berikut :
Tabel V
Mengetahui warna logo Metro TV
memiliki unsur kuning
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur
kuning
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
4 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
4 Responden
2 Responden
|
Dapat dilihat dari data diatas
bahwa variasi jawaban responden sangat tinggi. Terdapat 40% yang mengetahui
bahwa Metro TV terdapat logo yang memiliki unsur kuning. Sebanyak 40% diantara
mereka masih ragu-ragu tentang warna kuning pada logo Metro TV. Terdapat 20%
responden yang sama sekali tidak mengetahui bahwa Metro TV memiliki unsur
kuning dalam warna logonya. Analisis sederhana dari data ini bahwa terdapat
korelasi antara responden yang pernah menonton program-program Metro TV dengan
daya ingat mereka akan unsur warna pada logo Metro TV. Warna biru lebih di
ingat oleh responden karena memang warna biru warna yang paling dominan pada logo Metro TV.
Meskipun demikian juga terdapat responden yang mengingat adanya unsur kuning
pada logo Metro TV. Untuk lebih jelas perhatikan gambar logo Metro TV dibawah
ini.
Gambar 1 : logo
Metro TV
Selanjutnya kita penulis akan memamparkan
pengetahuan/daya ingat responden terhadap logo Partai Nasdem. Berikut adalah
datanya,
Tabel VI
Mengetahui warna logo Partai
Nasdem memiliki unsur biru
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki
unsur biru
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
9 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
1 Responden
0
|
Dari
data diatas diketahui bahwa hampir seluruh(90%) responden tahu bahwa pada logo
Partai Nasdem terdapat unsur warna biru. 10% diantara mereka merasa ragu-ragu
jika logo Partai Nasdem terdapat unsur warna biru. Dan tidak ada responden yang
tidak mengetahui sama sekali bahwa Partai Nasdem memiliki logo yang berwarna
biru. Seperti halnya logo Metro TV, logo Partai Nasdem juga terdapat unsur
kuningnya. Berikut pengetahuan/daya ingat responden tentang logo Partai Nasdem
yang memiliki unsur kuning,
Tabel VII
Mengetahui warna logo Partai
Nasdem memiliki unsur kuning
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki
unsur kuning
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
9 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
1 Responden
0
|
Dari
data di atas diketahui bahwa 90% responden mengetahui bahwa logo partai nasdem
terdapat unsur kuning. 10% persen dari responden merasa ragu-ragu tentang unsur
warna kuning pada logo Partai Nasdem. Dan sejalan dengan data sebelumnya, tidak
ada responden yang tidak mengetahui bahwa adanya unsur kuning pada logo Partai
Nasdem.
Menurut analisis
sederhana penulis, bahwa tingkat pengetahuan/daya ingat responden terhadap
unsur Biru dan kuning pada logo Partai Nasdem karena kedua unsur warna tersebut
sangat dominan. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar 2 : Logo Partai Nasdem
Berikutnya
kita akan mengurucutkan pembahasan kita pada pengetahuan responden terhadap
logo partai Nasdem berasal dari aktifitas mereka menonton Metro TV. Berikut
adalah data tentang pengetahuan responden terhadap logo Partai Nasdem melalui
Metro TV,
Tabel VIII
Mengetahui warga logo Partai
Nasdem setelah menonton Metro TV
Mengetahui warga logo Partai Nasdem setelah
menonton Metro TV
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
6 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
2 Responden
2 Responden
|
Jika
diperhatikan terlihat jelas bahwa ada 60% responden yang mengetahui logo Partai
Nasdem setelah menonton acara di Metro TV. Terdapat 20% responden yang menjawab
ragu-ragu, dan 20% lainnya tidak pernah melihat logo Partai Nasdem di Metro TV.
Setalah menyajikan berbagai data yang sesuai dari
kedua objek diatas, maka saatnya untuk menilai tingkat kesadaran responden
tentang kesamaan unsur warna pada logo Metro TV. Data-datanya sebagai berikut :
Tabel IX
Ada kesamaan warna logo Metro TV
dan Partai Nasdem
Ada kesamaan warna logo Metro TV dan Partai
Nasdem
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
4 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
6 Responden
0
|
Data diatas menunjukan terdapat 40% responden yang
setuju adanya kesamaan unsur warna papa logo Metro TV dan Logo Partai Nasdem.
Lebih dari setengah merasa ragu akan adanya kesamaan unsur tersebut. Dan tidak
ada satupun responden yang tidak mengetahui sama sekali tentang kesamaan unsur
tersebut.
Meskipun ada responden yang masih terkesan ragu-ragu
akan kesamaan unsur warna logo Metro TV dan Partai Nasdem namun ada sekitar 40%
responden yang satuju. 40% responden yang setuju ini menganggap bahwa unsur
warna yaitu biru dan kuning pada logo Metro TV dan Partai Nasdem terdapat
kesamaan. Untuk lebih jelasnya perhatikan kedua gambar dibawah ini.
Gambar 1 : logo Metro TV Gambar 2 : Logo Partai Nasdem
Data terakhir yang akan penulis peparkan akan
menilai sejauh mana kesamaan logo dengan Metro TV mempengahui kepopuleran
Partai Nasdem. Berikut adalah datanya jawaban dari responden,
Tabel X
Familiar dengan warna logo Partai
Nasdem karena sering melihat logo Metro TV
Familiar dengan warna logo Partai Nasdem
karena sering melihat logo Metro TV
|
Total Jawaban responden
|
Setuju
|
4 Responden
|
Ragu-ragu
Tidak setuju
|
4 Responden
2 Responden
|
Terdapat 40% responden merasa familiar dengan logo
Partai Nasdem karena sering melihat logo Metro TV. Sejalan dengan itu, juga
terdapat 40% responden yang merasa ragu-ragu, dan 20% sisanya tidak memikirkan hal demikian.
BAB
III
Pembahasan
Sebagian besar responden jarang
menonton program-program acara di Metro TV. Hanya sedikit Responden yang sering
menonton Metro TV. Itu artinya hampir seluruh responden temaksud dalam katagori
jarang menonton Metro TV.Terdapat 10% responden yang selain sering menonton
Metro TV juga sering mengakses situs berita metrotvnews.com yang merupakan
media convergensi Metro TV. Terdapat 40% responden yang pernah mengakses situs
berita metrotvnews.com, dan 50% responden lainya tidak pernah sama sekali
mengakses situs tersebut. Dari data tersebut dapat dipelajari bahwa responden
termaksud golongan mahasiswa paham tentang Metro TV namun jarang menonton dan
berhubungan dengan media tersebut.
Beralih
pada pengetahuan para responden terhadap logo Partai Nasdem. lebih setengah
sebagian besar responden pernah melihat adanya logo Partai Nasdem diberbagai
media yang di Indonesia, baik di televisi, baliho, media cetak dan media-media
lain. Hanya sebagian kecil dari responden yang tidak pernah atau jarang melihat
logo Partai Nasdem dimedia.
Jika
di analisis dari segi daya ingat/pengetahuan responden terhadap logo Metro TV
dan Logo Partai Nasdem sebagian besar responden mengingat logo keduanya. Hampir
seluruh responden mengingat bahwa ada unsur biru dalam logo Metro TV. Meskipun
pada unsur kuning di logo Metro TV tidak banyak responden yang dapat
mengingatnya berhubung unsur kuning di logo Metro TV proporsinya tidak banyak,
hanya sedikit ada di bagian gambar elangnya seperti pada gambar 1 diatas. Untuk logo Partai Nasdem, hampir seluruh responden
mengingat bahwa dalam logo Partai Nasdem terdapat unsur biru unsur kuning. Ingatan
seluruh responden dalam unsur warna Partai Nasdem ini karena kedua warna pada
logo Partai Nasdem memili proporsi yang sama-sama besar. Perhatikan gambar 2.
Metro
TV sering menyiarkan berita atau iklan tentang Partai Nasdem. Dan dari data
kuisioner penulis mendapatkan gambaran nyata bahwa lebih dari separuh jumlah
responden mengetahui bentuk, warna , logo Partai Nasdem dari Metro TV. Hal ini
menjadi sebuah keberhasilan Metro TV mengiklankan Partai Nasdem di stasiun
tvnya. Meskipun banyak diantara para responden yag pernah melihat logo Metro TV
dan logo Partai Nasdem, namun tidak semua dari mereka menyadari sepenuhnya ada
kesamaan diantara kedua logo itu. Menurut hasil dari wawancara tambahan penulis
dengan responden yang tidak menyadari adanya kesamaan itu dikehui bahwa selama
ini mereka tidak terlalu memperhatikan hal itu.
Menurut
data dari kuisioner hampir setengah responden mengatakan bahwa mereka merasa
familiar dengan logo Partai Nasdem karena mereka sering melihat logo Metro TV.
Hal ini dukung oleh samanya data diantara responden yang menyadari kesamaan
kedua logo itu dengan yang merasa familiar dengan logo Partai Nasdem karena
sering melihat logo Metro TV.
Disadari
atau tidak adanya kesamaan logo ini membuat hampir sebagian responden merasa
familiar dengan logo Partai Nasdem. Apakah kesamaan ini merupakan suatu
kesengajaan pihak Partai Nasdem untuk menjadikan partainya menjadi terkenal?
Apakah dibalik kesamaan itu Partai Nasdem mempunyai ideologi-ideologi tertentu
untuk mengarahkan perhatian publik di Metro TV kepada Partainya. Meskipun tidak
banyak yang menyadari hal ini, namun penulis merasa ini merupakan hal yang
patut dipertanyakan. Kenapa seakan pihak Nasdem ingin menjadikan
[1]
Media lain yang berafiliasi dengan suatu media tertentu kerena masih dalam satu
group perusahaan
No comments:
Post a Comment