Wednesday, June 13, 2012

Analisis Semiotic pada logo nasdem


BAB II
Landasan Teori
Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah kuisioner dan kajian pustaka. Kuisioner disebarkan kepada koresponden secara random  atau acak sebanyak 10 jiwa, yang merupakan Mahasiswa Universitas Paramadina (terlampir).
 Tabel dibawah ini akan memperlihatkan intensitas responden menonton program-progam Metro TV,
Tabel I
Intensitas menonton Metro TV
Intensitas Menonton Metro TV
Total Jawaban responden
Sering
1 Responden
Jarang
Tidak Pernah
9 Responden
0
Dari tabel diatas dapat 90% responden termakasud dalam katagori jarang dalam menonton program-program acara di Metro TV. Hanya 10 persen yang sering menonton Metro TV. Dan tidak ada responden yang tidak pernah menonton Metro TV.

Metro TV merupakan salah satu media dibawah naungan Media Group selain TV media Convergence/Divergensi[1] nya adalah situs berita metrotvnews.com. Berikut adalah data tentang intensitas responden dalam mengakses situs metrotvnews.com,

Tabel II
Intensitas Mengakses Metrotvnews.com
Intensitas Mengakses Metrotvnews.com
Total Jawaban responden
Sering
1 Responden
Jarang
Tidak Pernah
5 Responden
4 Responden
Terlihat bahwa setengah(50%) responden jarang mengakses situs berita metrotvnews.com, 40%  tidak pernah sama sekali menonton situs berita metrotvnews.com, hanya  10 % persen yang mengakses metrotvnews.com dalam intensitas yang tinggi.
            Selanjutnya penulis ingin melihat intensitas para responden melihat logo Partai Nasdem diberbagai media,




Tabel III
Intensitas melihat logo partai Nasdem di berbagai media
Intensitas melihat logo partai Nasdem di Media
Total Jawaban responden
Sering
6 Responden
Jarang
Tidak Pernah
3 Responden
1 Responden
Dari tabel dapat diperhatikan bahwa lebih dari setengah (60%) responden sering melihat logo Partai Nasdem diberbagai media yang ada di Indonesia, baik Televisi, baliho, media cetak, dalam media-media lain. 30% respon jarang melihat logo Partai Nasdem di media massa, sedangkan yang tidak pernah melihat Logo Partai Nasdem di media ada 10% dari responden. Secara kasar dapat dilihat bahwa logo Partai Nasdem sudah familiar bagi sebagian besar responden karena mereka sering melihatnya diberbagai media yang ada.
Berikut penulis ingin memperlihatkan pengetahuan/daya ingat responden terhadap unsur warna pada logo Metro TV,
Tabel IV
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur biru
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur biru
Total Jawaban responden
Setuju
9 Responden
Ragu-ragu
Tidak Setuju
1 Responden
0
Hampir seluruh responden(90%) mengetahui bahwa dalam logo Metro TV terdapat unsur warna biru. Tidak ada diantara mereka yang tidak tahu fakta ini, meskipun demikian terdapat 10% dari responden yang masih ragu-ragu tentang unsur warna biru dalam logo Metro TV. Selain data diatas terdapat pula data tentang daya ingat responden terhadap logo Metro TV yaitu sebagai berikut :
Tabel V
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur kuning
Mengetahui warna logo Metro TV memiliki unsur kuning
Total Jawaban responden
Setuju
4 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
4 Responden
2 Responden
Dapat dilihat dari data diatas bahwa variasi jawaban responden sangat tinggi. Terdapat 40% yang mengetahui bahwa Metro TV terdapat logo yang memiliki unsur kuning. Sebanyak 40% diantara mereka masih ragu-ragu tentang warna kuning pada logo Metro TV. Terdapat 20% responden yang sama sekali tidak mengetahui bahwa Metro TV memiliki unsur kuning dalam warna logonya. Analisis sederhana dari data ini bahwa terdapat korelasi antara responden yang pernah menonton program-program Metro TV dengan daya ingat mereka akan unsur warna pada logo Metro TV. Warna biru lebih di ingat oleh responden karena memang warna biru  warna yang paling dominan pada logo Metro TV. Meskipun demikian juga terdapat responden yang mengingat adanya unsur kuning pada logo Metro TV. Untuk lebih jelas perhatikan gambar logo Metro TV dibawah ini.




    

Gambar 1 : logo Metro TV
Selanjutnya kita penulis akan memamparkan pengetahuan/daya ingat responden terhadap logo Partai Nasdem. Berikut adalah datanya,
Tabel VI
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki unsur biru
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki unsur biru
Total Jawaban responden
Setuju
9 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
1 Responden
0
Dari data diatas diketahui bahwa hampir seluruh(90%) responden tahu bahwa pada logo Partai Nasdem terdapat unsur warna biru. 10% diantara mereka merasa ragu-ragu jika logo Partai Nasdem terdapat unsur warna biru. Dan tidak ada responden yang tidak mengetahui sama sekali bahwa Partai Nasdem memiliki logo yang berwarna biru. Seperti halnya logo Metro TV, logo Partai Nasdem juga terdapat unsur kuningnya. Berikut pengetahuan/daya ingat responden tentang logo Partai Nasdem yang memiliki unsur kuning,
Tabel VII
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki unsur kuning
Mengetahui warna logo Partai Nasdem memiliki unsur kuning
Total Jawaban responden
Setuju
9 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
1 Responden
0
Dari data di atas diketahui bahwa 90% responden mengetahui bahwa logo partai nasdem terdapat unsur kuning. 10% persen dari responden merasa ragu-ragu tentang unsur warna kuning pada logo Partai Nasdem. Dan sejalan dengan data sebelumnya, tidak ada responden yang tidak mengetahui bahwa adanya unsur kuning pada logo Partai Nasdem.
Menurut analisis sederhana penulis, bahwa tingkat pengetahuan/daya ingat responden terhadap unsur Biru dan kuning pada logo Partai Nasdem karena kedua unsur warna tersebut sangat dominan. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.





      
           Gambar 2 : Logo Partai Nasdem
Berikutnya kita akan mengurucutkan pembahasan kita pada pengetahuan responden terhadap logo partai Nasdem berasal dari aktifitas mereka menonton Metro TV. Berikut adalah data tentang pengetahuan responden terhadap logo Partai Nasdem melalui Metro TV,
Tabel VIII
Mengetahui warga logo Partai Nasdem setelah menonton Metro TV
Mengetahui warga logo Partai Nasdem setelah menonton Metro TV
Total Jawaban responden
Setuju
6 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
2 Responden
2 Responden
Jika diperhatikan terlihat jelas bahwa ada 60% responden yang mengetahui logo Partai Nasdem setelah menonton acara di Metro TV. Terdapat 20% responden yang menjawab ragu-ragu, dan 20% lainnya tidak pernah melihat logo Partai Nasdem di Metro TV.
Setalah menyajikan berbagai data yang sesuai dari kedua objek diatas, maka saatnya untuk menilai tingkat kesadaran responden tentang kesamaan unsur warna pada logo Metro TV. Data-datanya sebagai berikut :
Tabel IX
Ada kesamaan warna logo Metro TV dan Partai Nasdem
Ada kesamaan warna logo Metro TV dan Partai Nasdem
Total Jawaban responden
Setuju
4 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
6 Responden
0
Data diatas menunjukan terdapat 40% responden yang setuju adanya kesamaan unsur warna papa logo Metro TV dan Logo Partai Nasdem. Lebih dari setengah merasa ragu akan adanya kesamaan unsur tersebut. Dan tidak ada satupun responden yang tidak mengetahui sama sekali tentang kesamaan unsur tersebut.
Meskipun ada responden yang masih terkesan ragu-ragu akan kesamaan unsur warna logo Metro TV dan Partai Nasdem namun ada sekitar 40% responden yang satuju. 40% responden yang setuju ini menganggap bahwa unsur warna yaitu biru dan kuning pada logo Metro TV dan Partai Nasdem terdapat kesamaan. Untuk lebih jelasnya perhatikan kedua gambar dibawah ini.



                Gambar 1 : logo Metro TV                             Gambar 2 : Logo Partai Nasdem
Data terakhir yang akan penulis peparkan akan menilai sejauh mana kesamaan logo dengan Metro TV mempengahui kepopuleran Partai Nasdem. Berikut adalah datanya jawaban dari responden,
Tabel X
Familiar dengan warna logo Partai Nasdem karena sering melihat logo Metro TV
Familiar dengan warna logo Partai Nasdem karena sering melihat logo Metro TV
Total Jawaban responden
Setuju
4 Responden
Ragu-ragu
Tidak setuju
4 Responden
2 Responden
Terdapat 40% responden merasa familiar dengan logo Partai Nasdem karena sering melihat logo Metro TV. Sejalan dengan itu, juga terdapat 40% responden yang merasa ragu-ragu, dan 20% sisanya tidak  memikirkan hal demikian.



BAB III
Pembahasan
          Sebagian besar responden jarang menonton program-program acara di Metro TV. Hanya sedikit Responden yang sering menonton Metro TV. Itu artinya hampir seluruh responden temaksud dalam katagori jarang menonton Metro TV.Terdapat 10% responden yang selain sering menonton Metro TV juga sering mengakses situs berita metrotvnews.com yang merupakan media convergensi Metro TV. Terdapat 40% responden yang pernah mengakses situs berita metrotvnews.com, dan 50% responden lainya tidak pernah sama sekali mengakses situs tersebut. Dari data tersebut dapat dipelajari bahwa responden termaksud golongan mahasiswa paham tentang Metro TV namun jarang menonton dan berhubungan dengan media tersebut.
          Beralih pada pengetahuan para responden terhadap logo Partai Nasdem. lebih setengah sebagian besar responden pernah melihat adanya logo Partai Nasdem diberbagai media yang di Indonesia, baik di televisi, baliho, media cetak dan media-media lain. Hanya sebagian kecil dari responden yang tidak pernah atau jarang melihat logo Partai Nasdem dimedia.
          Jika di analisis dari segi daya ingat/pengetahuan responden terhadap logo Metro TV dan Logo Partai Nasdem sebagian besar responden mengingat logo keduanya. Hampir seluruh responden mengingat bahwa ada unsur biru dalam logo Metro TV. Meskipun pada unsur kuning di logo Metro TV tidak banyak responden yang dapat mengingatnya berhubung unsur kuning di logo Metro TV proporsinya tidak banyak, hanya sedikit ada di bagian gambar elangnya seperti pada gambar 1 diatas. Untuk logo Partai Nasdem, hampir seluruh responden mengingat bahwa dalam logo Partai Nasdem terdapat unsur biru unsur kuning. Ingatan seluruh responden dalam unsur warna Partai Nasdem ini karena kedua warna pada logo Partai Nasdem memili proporsi yang sama-sama besar. Perhatikan gambar 2.
          Metro TV sering menyiarkan berita atau iklan tentang Partai Nasdem. Dan dari data kuisioner penulis mendapatkan gambaran nyata bahwa lebih dari separuh jumlah responden mengetahui bentuk, warna , logo Partai Nasdem dari Metro TV. Hal ini menjadi sebuah keberhasilan Metro TV mengiklankan Partai Nasdem di stasiun tvnya. Meskipun banyak diantara para responden yag pernah melihat logo Metro TV dan logo Partai Nasdem, namun tidak semua dari mereka menyadari sepenuhnya ada kesamaan diantara kedua logo itu. Menurut hasil dari wawancara tambahan penulis dengan responden yang tidak menyadari adanya kesamaan itu dikehui bahwa selama ini mereka tidak terlalu memperhatikan hal itu.
          Menurut data dari kuisioner hampir setengah responden mengatakan bahwa mereka merasa familiar dengan logo Partai Nasdem karena mereka sering melihat logo Metro TV. Hal ini dukung oleh samanya data diantara responden yang menyadari kesamaan kedua logo itu dengan yang merasa familiar dengan logo Partai Nasdem karena sering melihat logo Metro TV.
          Disadari atau tidak adanya kesamaan logo ini membuat hampir sebagian responden merasa familiar dengan logo Partai Nasdem. Apakah kesamaan ini merupakan suatu kesengajaan pihak Partai Nasdem untuk menjadikan partainya menjadi terkenal? Apakah dibalik kesamaan itu Partai Nasdem mempunyai ideologi-ideologi tertentu untuk mengarahkan perhatian publik di Metro TV kepada Partainya. Meskipun tidak banyak yang menyadari hal ini, namun penulis merasa ini merupakan hal yang patut dipertanyakan. Kenapa seakan pihak Nasdem ingin menjadikan


[1] Media lain yang berafiliasi dengan suatu media tertentu kerena masih dalam satu group perusahaan

No comments:

Post a Comment