“Garuda Indonesia Experience” dan
Pengaruhnya Pada Tubuh Maskapai Garuda
Indonesia
Garuda Indonesia merupakan maskapai terbesar yang
dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Namun banyak masyarakat yang tidak mengetahui
bahwa tahun 1995-2002 Garuda Indonesia terus mengalami kerugian dari tahun ke
tahun. Kerugian ini di sebabkan oleh banyak faktor diantarnya sepinya penumpang
di rute-rute tertentu terlebih rute Internasional. Buruknya layanan juga
merupakan penyebab kerugian Garuda Indonesia yang mencapai Milyaran tiap
tahunnya dalam dekade 1995-2002.
Di bawah kepemimpinan Emirsyah Satar, Garuda Indonesia
semakin menanjak naik mencapai keuntungan hingga trilyunan rupiah. Hingga saat
ini keuntungan semakin meningkat. Keuntungan ini di peroleh setelah Garuda
Indonesia mulai berbenah dengan berbagai kemelut internal dan perbaikan di
berbagai sektor.
Perubahan yang dilakukan oleh Garuda diantaranya
menghapus penerbangan Jarak jauh yang sepi penumpang hingga yang paling populer
yaitu peluncuran “ The Garuda Indonesia Experience” .
Garuda Indonesia Experience adalah perubahan total yang
dilakukan oleh Garuda Indonesia dalam segi layanan kepada penumpang. Berikut
saya akan jelaskan perubahan layanan setelah peluncuran Garuda Indonesia
Experience.
Garuda Indonesia Experience
adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia
kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di
bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan
bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam
Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
Sejak pertama diluncurkan pada 2009, Garuda Indonesia Experience mengandalkan keramahtamahan Indonesia. Ini sejalan dengan visi Garuda Indonesia, yaitu perusahaan penerbangan yang handal, menawarkan layanan berkualitas bagi masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia. Garuda Indonesia mengemban misi khusus sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia, yang mempromosikan Indonesia kepada dunia. Konsep keramahtamahan Indonesia ini diterjemahkan dalam ikon-ikon yang mengandalkan pancaindra, yang antara lain tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga khas Indonesia, musik khas Indonesia, serta cita rasa makanan dan minuman khas Indonesia. Pada 2009, perusahaan melakukan program peremajaan untuk armada-armada lama, Boeing 747-400 dan Airbus 330-300, dengan mengganti interior pesawat dan menambah fasilitas AVOD (Audio and Video on Demand). Langkah yang sesuai dengan konsep layanan Garuda Indonesia Experience.
Sejak pertama diluncurkan pada 2009, Garuda Indonesia Experience mengandalkan keramahtamahan Indonesia. Ini sejalan dengan visi Garuda Indonesia, yaitu perusahaan penerbangan yang handal, menawarkan layanan berkualitas bagi masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia. Garuda Indonesia mengemban misi khusus sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia, yang mempromosikan Indonesia kepada dunia. Konsep keramahtamahan Indonesia ini diterjemahkan dalam ikon-ikon yang mengandalkan pancaindra, yang antara lain tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga khas Indonesia, musik khas Indonesia, serta cita rasa makanan dan minuman khas Indonesia. Pada 2009, perusahaan melakukan program peremajaan untuk armada-armada lama, Boeing 747-400 dan Airbus 330-300, dengan mengganti interior pesawat dan menambah fasilitas AVOD (Audio and Video on Demand). Langkah yang sesuai dengan konsep layanan Garuda Indonesia Experience.
Di samping melibatkan pancaindra, konsep Garuda
Indonesia Experience juga harus memiliki nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat
waktu dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan
nyaman (tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu
(tentang staf). Konsep ini diterima dengan baik oleh pelanggan Garuda
Indonesia.
Dengan pengenalan konsep Garuda Indonesia Experience,
Garuda Indonesia menciptakan ciri khas yang membanggakan, sekaligus
meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional. Konsep Garuda Indonesia
Experience didasarkan pada 5 pancaindra atau “5 senses” (sight, sound, scent,
taste, dan touch) dan mencakup 24 “customer touch points”; mulai dari pelayanan
pre-journey, pre-flight, in-flight, post-flight dan post-journey.
Sight
Indonesia menawarkan
berbagai keindahan untuk para penumpang, termasuk beragam tekstil tradisional
yang menyajikan warna cerah, pola indah, serta tekstur unik. Semua ini
memanjakan mata, menghadirkan kehangatan di hati dan memberi inspirasi bagi
jiwa.
Desain interior yang baru di kabin pesawat Garuda Indonesia memadukan warna-warna alami dan motif tradisional Indonesia yang indah dipandang mata, bersama dengan kenyamanan dan kemudahan perangkat hiburan di dalam pesawat yang modern. Semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman penerbangan yang tak lekang waktu bagi para penumpang.
Kami telah meresmikan seragam baru untuk awak kabin, ujung tombak dari pelayanan menyeluruh Garuda Indonesia. Ini adalah perubahan seragam yang ke-11 kalinya, terhitung sejak Garuda Indonesia beroperasi pada tahun 1949. Ini adalah bagian dari perubahan visual image Garuda Indonesia, yang telah dilakukan juga pada logo, livery pesawat, dan interior pesawat.
Sound
Musik dan alat musik
tradisional Indonesia adalah cerminan beragam kelompok etnis dan budaya yang
hidup damai berdampingan di Nusantara yang luas. Mendengarkan nada-nada unik
musik tradisional Indonesia dapat menjadi cara menyenangkan untuk menikmati
musik sekaligus memberikan pengalaman khas Indonesia.
Para penumpang Garuda
Indonesia dapat menikmati kecanggihan perangkat hiburan di dalam pesawat, yang
tersedia di penerbangan kelas Eksekutif maupun Ekonomi. Perangkat mutakhir
Audio and Video On Demand (AVOD) menawarkan berbagai pilihan untuk menikmati
film, siaran TV, video game, serta musik, termasuk musik tradisional dan
kontemporer Indonesia.
Scent
Beragam kelopak bunga
dan tumbuhan beraroma telah digunakan di Indonesia sejak zaman dahulu. Kini,
konsep serupa dipakai untuk aromaterapi dan spa modern. Sementara itu,
penelitian terus dilakukan untuk menemukan aroma yang tepat untuk aromaterapi di
kabin pesawat. Semua ini menciptakan pengalaman khas Indonesia bagi penumpang
selama terbang bersama Garuda Indonesia.
Keharuman aromatis Garuda Indonesia
diciptakan secara eksklusif untuk Garuda Indonesia. Keharuman ini merupakan
perpaduan aromatis dari minyak sari yang dihasilkan oleh tumbuhan dan bumbu
asli Indonesia seperti cengkeh dan pala, demi menciptakan aroma yang
menyegarkan sekaligus menenangkan.
Taste
Selama berabad-abad,
Indonesia dikenal sebagai negeri rempah-rempah dan surga buah-buahan tropis.
Terletak di persimpangan jalur perdagangan peradaban kuno, Indonesia telah
menyerap pengaruh seni kuliner berbagai negeri, yang kini menyatu dalam
cita-rasa makanan tradisional Indonesia yang mengundang selera.
Cita-rasa dan pengalaman khas Indonesia terwujud dalam makanan yang disajikan dengan iringan senyum awak kabin selama penerbangan. Kami merekomendasikan sajian makanan dan minuman khas Garuda Indonesia seperti nasi kuning dan jus martebe, racikan buah markisa dan terung belanda.
Cita-rasa dan pengalaman khas Indonesia terwujud dalam makanan yang disajikan dengan iringan senyum awak kabin selama penerbangan. Kami merekomendasikan sajian makanan dan minuman khas Garuda Indonesia seperti nasi kuning dan jus martebe, racikan buah markisa dan terung belanda.
Touch
Keramahtamahan khas Indonesia telah
cukup dikenal, dan menjadikan negara kepulauan ini salah satu tujuan favorit di
dunia. Berbagai tarian tradisional Indonesia pun menyajikan ucapan selamat
datang, sekaligus memberi sentuhan keramahtamahan khas Indonesia.
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, dan disimbolkan oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan dimanjakan oleh layanan tulus dan bersahabat yang menjadi ciri keramahtamahan Indonesia, dan disimbolkan oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak kabin.
No comments:
Post a Comment